Kamis, 17 September 2009

Tanda Kanker atau tumor Otak berkaitan dengan Sakit Kepala?

Kanker atau tumor otak sebetulnya penyakit apa? Apa tanda dan gejala-gejalanya sehingga banyak yang terlewatkan? Tahu-tahu tumornya udah besar. Apakah sakit kepala termasuk tanda-tanda tumor atau kanker otak?

Dok, setelah mengetahui kematian seorang artis yang katanya menderita tumor otak,saya menjadi khawatir karena sering mengalami sakit di kepala saya, hampir setiap bulan,apa itu karena saya sering tidur larut malam? Atau kanker otak??? terima kasih, penjelasannya.

Terima kasih atas pertanyaan Bapak atau Ibu.

Kematian memang bisa memberikan hikmah tersendiri dan pelajaran yang baik.Termasuk Bapak sampai bertanya untuk memperoleh perjelasan keluhan yang berkaitan dengan sakit kepala.

Memang dari sekian macam gangguan kesehatan, sakit kepala merupakan salah satu yang paling sering dikeluhankan. Hampir semua orang pernah merasakannya.Ini juga bisa kita dilihat dari banyaknya obat bebas yang terjual di took-toko adalah obat sakit kepala .

Begitu mudahnya kita mendapatkan obat sakit kepala sehingga terkesan disepelekan rasa sakit tersebut. Pada saat sakit kepala membeli obat ,lalu gejala hilang.Padahal, dari sisi lain perlu penanganan lebih teliti supaya sakit kepala tidak mudah datang dan diketahui benar penyebabnya.

Sakit Kepala respons dari Nyeri Saraf ?

Yang kita rasakan ketika sakit kepala tak lain adalah rasa nyeri yang diterima saraf otak. Rasa nyeri itu sendiri yaitu perasaan tidak nyaman yang bersifat individual terhadap respon ketidakberesan dalam kepala kita. Kalau sakit kepalanya ringan dan cepat hilang, ketidakberesan itu mungkin ringan-ringan saja. Sebaliknya, kalau sakit kepala itu muncul berulang kali disertai rasa mual dan muntah yang spontan, kita mesti waspada.Tidak tertutup kemungkinan, gejala tersebut mengindikasikan adanya kelainan di rongga tengkorak

Apa Penyebab Sakit kepala ?

Penyebab sakit kepala ini bisa disebabkan oleh keadaan dalam otak dan isinya ( bahasa medis, faktor intracranial) , ataupun keadaan di luar otak (faktor extrakranial) seperti gangguan pada mata, THT, gigi, tulang leher ataupun tumor di luar otak. Faktor lain bisa bersifat psikis seperti kurang tidur, cemas, dan banyak pikiran.

Seperti pertanyaan Bapak, yang perlu diwaspadai dari sakit kepala ini adalah apabila sakit kepala yang bersifat mendadak yang tak tertahankan, disertai mual muntah,adanya penurunan dari kesadaran, bicara mulai kacau, dan adanya gangguan pada anggota gerak maka kita harus mewaspadainya ke arah tumor otak. Apalagi keluhan tersebut berlangsung berbulan-bulan.

Sakit Kepala Berhubungan dengan Kanker atau Tumor Otak ?

Diperkirakan 1% penyebab nyeri kepala adalah tumor otak.Sifat nyeri pada tumor ini bervariasi dari ringan dan episodik sampai berat dan berdenyut.Umumnya tambah berat pada malam hari serta pada saat bangun pagi.Serta ada tanda peningkatan tekanan dalam otak seperti muntah yang spontan dan penurunan kesadaran

Terkadang tumor otak sulit terdiagnosa secara dini atau awal karena tergantung dari lokasi tumor, kecepatan pertumbuhan masa tumor ,kecepatan gejala tekanan tinggi dalam kepala, dan efek dari masa tumor itu sendiri.

Apa Gejala - Gejala Tumor Otak?

Gejala spesifik tumor otak yang berkaitan dengan lokasi tumor juga memberikan tanda tertentu. Seperti tumor di bagian depan otak akan menimbulkan perubahan kepribadian, tumor di bagian belakang otak bisa menimbulkan kejang dan gangguan pada mata

Begitu luasnya gejala yang muncul maka memerlukan pemeriksaan dokter untuk menilai gejala dan melakukan pemeriksaan penunjang untuk memperkuat diagnosa dan letak tumor.

Salah satu pemeriksaan penunjang yang penting adalah CT scan otak.Gambaran CT scan pada tumor otak, umumnya berupa bagian (lesi) abnormal yaitu gambaran masa yang mendesak bagian-bagian otak disekitarnya.

Lebih bijak kalau Bapak berkonsultasi dengan dokter spesiali Saraf untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Demikian penjelasan ini semoga bermanfaat dan tetap menjaga kesehatan Anda.

- 24 Agustus 2008


Sumber :

http://fajarqimi.com/konsultasi-kesehatan/tandakanker-atau-tumor-otak-berkaitan-dengan-sakit-kepala/

17 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar